Oksigenasi dan Sistem Tubuh yang Berperan

Posted by Admin 0 komentar
     Salah satu kebutuhan dasar pada manusia adalah kebutuhan oksigenasi. Pemenuhan kebutuhan oksigenasi berguna untuk menjaga kelangsungan metabolisme sel tubuh, mempertahankan hidup dan melakukan aktivitas bagi berbagai organ dan sel. Sistem pernapasan berperan dalam pemenuhan kebutuhan oksigenasi. Sistem pernapasan terdiri dari saluran pernapasan bagian atas, saluran pernapasan bagian bawah dan paru-paru.

1. Saluran pernapasan bagian atas 
     Saluran ini terdiri atas hidung, faring, laring, dan epiglotis saluran ini berfungsi menyaring, menghangatkan dan melembabkan udara yang dihirup.
  • Hidung
    Proses oksigenasi diawali dengan masuknya udara melalui hidung. Udara yang masuk akan disaring oleh rambut yang ada didalam vestibulum (bagian dari ronggga hidung) lalu udara tersebut dihangatkan dan dilembabkan.
     
  • Faring
    Faring merupakan pipa berotot yang terletak dari dasar tengkorak sampai esofagus. Faring dibagi menjadi tiga, yaitu nasofaring (dibelakang hidung), orofaring (dibelakang mulut), dan laringofaring (dibelakang laring).
     
  • Laring (tenggorokan)
    Laring terdiri dari bagian tulang rawan yang diikat bersama ligamen dan membran dengan dua lamina yang bersambung digaris tengah. Epiglotis Epiglotis merupakan katup tulang rawan yang bertugas menutup laring saat proses menelan.  
2. Saluran pernapasan bagian bawah 
     Saluran ini terdiri dari trakhea, bronkus, segmen bronkhi dan bronkhiolus. Saluran ini berfungsi mengalirkan udara dan memproduksi surfaktan.
  • Trakhea (Batang tenggorok)
    Trakhea merupakan kelanjutan dari laring yang dilapisi selaput lendir dan terdapat epitelium bersilia yang bisa mengeluarkan debu atau benda asing.
     
  • Bronkhus
    Merupakan kelanjutan dari Trakhea yang bercabang menjadi bronkhus kanan dan kiri. Bronkhus bagian kanan lebih pendek dan lebar dari pada yang kiri dan memiliki tiga lobus, yaitu lobus atas, tengah dan bawah. Sementara bronkhus kiri lebih panjang dari yang kanan dengan dua lobus, yaitu lobus atas dan bawah.
     
  • Bronkiolus
    Merupakan saluran percabangan setelah bronkus.
3. Paru-paru 
     Paru-paru merupakan organ utama dalam sistem pernapasan, paru-paru terdapat dalam rongga toraks. Paru-paru terdiri atas dua bagian, yaitu paru-paru kanan dan kiri. Paru-pari terdiri dari beberapa lobus yang selaputi oleh pleura. Paru-paru berfungsi sebagai tempat pertukaran gas oksigen dan karbondioksida.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Oksigenasi dan Sistem Tubuh yang Berperan
Ditulis oleh Admin
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://chalouiss.blogspot.com/2013/02/Oksigenasi-dan-Sistem-Tubuh-Berperan.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Template by Cara Membuat Email | Copyright of ChaLouiss|Blog.