Manfaat Bawang Untuk Kesehatan

Posted by Admin 0 komentar
     Bawang yang memiliki rasa dan aroma yang khas ini menjadi salah satu bumbu penyedap yang selalu ditambahkan dalam mengolah masakan sehari-hari. Dibalik itu semua ternyata bawang juga memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Bawang dapat mengencerkan darah karena mengandung flanovoid, yaitu quercetin. Walaupun demikian bawang tidak boleh digunakan untuk menggantikan pengencer darah setiap kita dalam kondisi tertentu secara terus menerus.

     Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter tentang penggunaan dan mengkonsumsinya terlebih dahulu jika anda menggunakan bawang ini sebagai obat. Seperti yang di kutip dari Livestrong, ada beberapa manfaat bawang untuk bagi kesehatan tubuh. Diantaranya adalah :

Hipertensi
     Quercetin hanya dimiliki sekelompok pigmen tanaman yang disebut flanovoid. Flanovoid inilah yang memberikan warna pada berbagai buah-buahan, sayuran dan bunga. The University of Maryland Medical Center mengakui bahwa suplemen quercetin dapat membantu mengurangi tekanan darah bagi mereka yang menderita hipertensi karena quercetin membantu penipisan darah pada penderita hipertensi.

Pengencer darah
     Jika anda sudah mengkonsumsi obat pengencer darah, konsultasikan dengan dokter anda tentang pengkonsumsian bawang, suplemen quercetin, atau suplemen pengencer darah lainnya. Suplemen quercetin dapat mengganggu resep pengencer darah seperti Coumadin, Plavix dan aspirin. Menurut The University of Maryland Medical Center, suplemen quercetin cenderung meningkatkan efek pengencer darah, sehingga meningkatkan resiko pendarahan. Quercetin juga dapat mengganggu penggunaan obat lain seperti kortikosteroid dan obat kemoterapi, yang dapat mencegah tubuh anda menyerap obat tertentu.

Pelindung jantung
     Flanovoid jenis tertentu, seperti yang ditemukan dalam bawang, teh hitam, coklat gelap dan anggur merah tampaknya bisa melindungi jantung anda. Menurut The University of Maryland Medical Center, flanovoid dapat melindungi resiko kolesterol tinggi dan atherosclerosis, yang merupakan penumpukan plak pada arteri yang dapat menyebakan stroke dan serangan jantung.

     Bawang dapat mengungtungkan kondisi tertentu dari jantung karena penipisan darah sehingga memudahkan hati dan sistem peredaran darah untuk memompa darah. Beberapa jenis bawang memiliki efek yang lebih baik untuk darah. Menurut sebuah studi yang dilakukan Departemen Industri Primer di Institut Victoria, Australia, bawang merah tampak bekerja lebih baik dalam hal pengenceran darah. Lembaga hewan victoria menguji berbagai suplemen bawang seperti bawang merah mentah selama enam minggu. Tingkatan darah diambil dan di uji untuk pembekuan pada berbagai waktu selama penelitian. kesimpulan akhir menunjukkan bahwa suplemen bawang merah mentah memberikan dampak paling kuat dalam hal lipid-modulasi dan imunostimulan.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Manfaat Bawang Untuk Kesehatan
Ditulis oleh Admin
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://chalouiss.blogspot.com/2012/10/manfaat-bawang-untuk-kesehatan.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Template by Cara Membuat Email | Copyright of ChaLouiss|Blog.