Pengertian dan Tujuan HAM (Hubungan Antar Manusia)

Posted by Admin 0 komentar
    Hubungan antar manusia (HAM) memegang peranan penting dalam setiap aspek kehidupan. Dengan adanya hubungan antar manusia dapat memenuhi kebutuhan antara individu yang satu dengan yang lain, memperoleh pengetahuan dan informasi baru, menumbuhkan sikap kerjasama,menghilangkan sikap egois.

    HAM adalah suatu sosiologi yang konkret karena meneliti situasi kehidupan, khususnya masalah interaksi dengan pengaruh dan psikologisnya.Jadi, interaksi mengakibatkan dan menghasilkan penyesuaian diri secara timbal balik yang mencakup kecakapan dalam penyesuaian dengan situasi baru (Cabotdan Kahl, 1967).

    Hubungan antar manusia atau HAM adalah kemampuan mengenali sifat, tingkah laku, pribadi seseorang. Ruang lingkup hubungan antar manusia dalam arti luas adalah interaksi antara seseorang dengan orang lain dalam suatu kehidupan untuk memperoleh kepuasan hati. Dalam hal ini berusaha mencoba menemukan, mengidentifikasi masalah dan membahasnya untuk mencari pemecahan. Hubungan antar manusia merupakan suatu pelaksanaan keterampilan dimana seseorang belajar menghubungkan diri dengan lingkungan sosialnya.

Beberapa Pengertian HAM (Hubungan Antar Manusia) menurut beberapa ahli :

1. Hugo Cabot dan Joseph A Kahl (1967) :
HAM adalah suatu sosiologiyang konkret karena meneliti situasi kehidupan, khususnya masalah interaksi dengan pengaruh dan psikologisnya. Jadi, interaksi mengakibatkan dan menghasilkan penyesuaian diri secara timbal balik yang mencakup kecakapan dalam penyesuaian dengan situasi baru.

2. H. Bonner (1975) :
Interaksi adalah hubungan antara dua atau lebihindividu manusia dan perilaku individu yang satu mempengaruhi,mengubah, dan memperbaiki perilaku individu lain atau sebaliknya.

3. Keith Davis “Human Relation at Work” :
Interaksi antara seseorang dengan orang lain dalam situasi kerja dan dalam organisasikekaryaan. Ditinjau dari kepimpinannya, yang bertanggung jawab dalam suatu kelompok merupakan interaksi orang-orang menuju situasi kerja yang memotivasi untuk bekerjasama secara produktif, sehingga dicapai kepuasan ekonomi, psikologis dan sosial.

4. Ferdinand Tonnies :
    Menyatakan bahwa manusia dalam bermasyarakat mempunyai dua jenis pergaulan yaitu:
(1) Gemeinscaft (Pangkuyuban), hal yang dialami oleh orang lain dirasakan sebagaimana terjadi pada dirinya oleh karena pergaulannya yang sangat akrab. Sifatnya statis, pribadi, tidak rasional. Di masyarakat selalu dijumpai salah satu dari tiga tipe paguyuban, yaitu :
    a). Paguyuban karena ikatan darah, seperti keluarga, kekerabatan,kesukuan, dan lain-lain.
    b). Paguyuban karena tempat, seperti rukun tetangga, rukun warga,dan lain-lain.
    c). Paguyuban  karena pikiran, seperti pergerakan mahasiswa, partai politik, dan lain-lain.
(2) Gessellscaft (Patembayan), pergaulan yang mempertimbangkan untung dan ruginya sehingga anggota bebas keluar masuk dari kelompok tersebut. Patembayan adalah ikatan lahir yang bersifat pokok dan biasanya hanya untuk jangka waktu yang pendek. Hubungannya bersifat untuk semua orang. Patembayan bersifat sebagai suatu bentuk yang ada dalam pikiran belaka. Contohnya adalah interaksi melalui internet.

     Sementara tujuan HAM itu sendiri adalah memanfaatkan pengetahuan tentang faktor sosial dan psikologis dalam penyesuaian diri manusia sehingga terjadi keselarasan dan keserasian, dengan konflik seminimal mungkin. Selain itu,dapat memenuhi kebutuhan antara individu yang satu dengan yang lain, memperoleh pengetahuan dan informasi baru, menumbuhkan sikap kerjasama, menghilangkan sikap egois/paling benar, menghindari dari sikap stagnan karena “manusia adalah makhluk homo socius” mengubah sikap dan perilaku diri sendiri dan orang lain serta memberikan bantuan.
SEMOGA ARTIKEL INI BERMANFAAT BAGI ANDA
Judul: Pengertian dan Tujuan HAM (Hubungan Antar Manusia)
Ditulis oleh Admin
Rating Blog 5 dari 5
Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://chalouiss.blogspot.com/2012/10/pengertian-dan-tujuan-ham-hubungan.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.