Bidang - Bidang dalam Akuntansi

Posted by Admin 0 komentar

Bidang - Bidang akuntansi meliputi :


1. Akuntansi Keuangan (Financial Accounting)
Bidang ini berkaitan dengan akuntansi untuk suatu unit ekonomi secara keseluruhan. Berhubungan dengan pelaporan keuangan untuk pihak-pihak diluar perusahaan.

2. Auditing
Bidang ini berhubungan dengan audit secara bebas terhadap laporan yang dihasilkan oleh akuntansi keuangan. Tujuan utama audit adalah agar informasi akuntansi yang dihasilkan dapat lebih di percaya. Konsep yang mendasari auditing adalah objektivitas dan independensi dari pemeriksa. Konsep lain yang di anut adalah kerahasiaan serta pengumpulan bukti - bukti yang cukup dan relevan.

3. Akuntansi Manajemen ( Management Accounting )
Titik sentral dalam akuntansi manajemen adalah informasi untuk manaemen perusahaan. Kegunaan dari  akuntansi manajemen adalah mengendalikan kegiatan perusahaan, memonitor arus kas, dan menilai alternatif dalam pengambilan keputusan.

4. Akuntansi Biaya ( Cost Accounting )
Bidang ini menekankan pada penetapan dan kontrol atas biaya. Berhubungan dengan biaya produksi suatu barang dan biaya distribusi. Bahkan akuntansi biaya telah mengarah pada penetapan biaya berdasarkan aktivitas ( activity-based costing ). Fungsi utama akuntansi biaya adalah mengumpulkan dan menganalisis data mengenai biaya. Informasi yang dihasilkan berguna bagi manajemen.

5. Akuntansi Perpajakan ( Tax Accounting )
Laporan akuntansi yang digunakan untuk perpajakan berbeda dengan laporan lain, karena berbedanya konsep tentang transaksi dan kejadian keuangan, metode pengukuran dan cara pelaporan. Untuk pajak, konsep tentang transaksi dan kejadian keuangan serta bagaimana mengukur dan melaporkannya ditetapkan oleh peraturan pajak.

6. Sistem Informasi ( Information System )
Bidang ini menyediakan informasi keuangan maupun non keuangan yang diperlukan untuk pelaksanaan kegiatan organisasi secara efektif.

7. Penganggaran ( Budgetting )
Bidang ini berhubungan dengan penyusunan rencana keuangan mengenai kegiatan perusahaan untuk jangka waktu tertentu dimasa datang serta analisis dan pengontrolannya. Anggaran adalah sarana untuk menjabarkan tujuan perusahaan berisi rencana-rencana kegiatan yang akan dilaksanakan dimasa datang serta nilai uang yang terlibat didalammya.

8. Akuntansi Pemerintah ( Governmental Accounting )
Bidang ini mengkhususkan diri dalam pencatatan dan pelaporan transaksi - transaksi yang terjadi di badan pemerintahan. Menyediakan laporan akuntansi mengenai aspek kepengurusan dari aadministrasi keuangan negara. Bidang ini mencakupi pengendalian atas pengeluaran melalui anggaran negara. termasuk didalamnya adalah kesesuaian dengan ketentuan undang-undang yang berlaku.
SEMOGA ARTIKEL INI BERMANFAAT BAGI ANDA
Judul: Bidang - Bidang dalam Akuntansi
Ditulis oleh Admin
Rating Blog 5 dari 5
Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://chalouiss.blogspot.com/2012/09/bidang-bidang-dalam-akuntansi.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.