Definisi, Tujuan dan Kegiatan Akuntansi

Posted by Admin 0 komentar
     Akuntansi berasal dari bahasa inggris " to account" yang artinya menghitung atau mempertanggung jawabkan hal-hal yang berkaitan dengan masalah pengelolaan / pengurus dari suatu perusahaan kepada pemiliknya, atas kepercayaan yang telah diberikan kepada pengelola tersebut untuk menjalankan kegiatan perusahaan.


Akuntansi dalam bahasa bisnis adalah suatu sistim informasi yang menyediakan laporan untuk para pemangku kepentingan mengenai aktivitas dan kondisi perusahaan.

Pengertian akuntansi dalam segi :
1. Bidang Akuntansi
Akuntansi merupakan keseluruhan pengetahuan yang bersangkutan dengan fungsi menghasilkan informasi keuangan dari suatu unit usaha kepada pihak-pihak yang berkepentingan untuk dijadikan dasar dalam pengambilan keputusan.

2. Proses / Kegiatannya
akuntansi merupakan suatu kegiatan pencatatan, penyortiran, penggolongan, pengikhtisaran / peringkasan dan penyajian transaksi keuangan dari suatu unit organisasi tertentu dengan cara-cara tertentu.
American Accounting Association mendefinisikan akuntansi sebagai proses mengidentifikasikan, mengukur dan melaporkan informasi ekonomi, untuk memungkinkan ada nya penilaian dan keputusan yang jelas dan tegas bagi mereka yang menggunakan informasi tersebut.

Definisi ini mengandung 2 pengertian, yakni
1. Kegiatan Akuntansi.
Akuntansi merupakan proses yang terdiri dari identifikasi, pengukuran dan pelaporan informasi ekonomi.

2. Kegunaan Akuntansi.
Informasi ekonomi yang dihasilkan akuntansi berguna dalam penilaian dan pengambilan keputusan mengenai usaha yang bersangkutan. 

Tujuan utama akuntansi adalah menyajikan iinformasi ekonomi (economic information ) dari suatu kesatuan ekonomi ( economic entity) kepada pihak - pihak yang berkepentingan. Yang dimaksud kesatuan ekonomi adalah badan usaha ( business enterprice ) .

Kegiatan Akuntansi Meliputi :
1. Pengidentifikasian dan pengukuran data yang relevan untuk suatu pengambilan keputusan.
2. Pemrosesan data yang bersangkutan kemudian pelaporan informasi yang dihasilkan.
3. Pengkomunikasian informasi kepada pemakai laporan.
SEMOGA ARTIKEL INI BERMANFAAT BAGI ANDA
Judul: Definisi, Tujuan dan Kegiatan Akuntansi
Ditulis oleh Admin
Rating Blog 5 dari 5
Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://chalouiss.blogspot.com/2012/09/definisi-tujuan-dan-kegiatan-akuntansi.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.